Custom Search

Sumber Sumber Ajaran Agama Islam

Wednesday, June 3, 2009

Sumber Sumber Ajaran Islam

Islam sebagai agama fitrah yang berasal dari Allah SWT yang dibawakan oleh nabi besar Muhammad SAW merupakan agama samawi terakhir yang berlaku hingga akhir zaman. Agama Islam merupakan satu-satunya agama samawi yang diridhai oleh Allah SWT. Berkenaan dengan ini, Islam memiliki sumber-sumber ajaran baik yang berasal dari firman Allah yakni kitab suci Al-Qur’an dan sabda Rasulullah SAW yang tertuang dalam hadits-haditsnya. Selain itu, dengan berkembangnya zaman, dalam agama Islam juga dikenal sumber hukum yang ketiga yakni Ijtihad yang merupakan suatu usaha untuk memutuskan suatu perkara yang tidak dibahas dalam Al-Qur’an maupun hadis dengan syarat menggunakan akal sehat dan pertimbangan matang, serta hasil ijtihad tidak boleh bertentangan dengan Al-Qur’an maupun hadis nabi.

1. Al-Qur’an

Ditinjau dari segi kebahasaan (etimologi), Al-Qur’an berasal dari bahasa Arab yang berarti "bacaan" atau "sesuatu yang dibaca berulang-ulang". Kata Al-Qur’an adalah bentuk kata benda (masdar) dari kata kerja qara'a yang artinya membaca. Konsep pemakaian kata ini dapat juga dijumpai pada salah satu surat Al-Qur’an sendiri yakni pada ayat 17 dan 18 Surat Al-Qiyamah yang artinya:

“Sesungguhnya mengumpulkan Al-Qur’an (di dalam dadamu) dan (menetapkan) bacaannya (pada lidahmu) itu adalah tanggungan Kami. (Karena itu,) jika Kami telah membacakannya, hendaklah kamu ikuti {amalkan} bacaannya”

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan Allah kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur dalam kurun waktu 23 tahun. Al-Qur’an merupakan kumpulan wahyu sekaligus sebagai mukjizat Nabiullah yang terbesar yang hukumnya akan senantiasa berlaku hingga akhir zaman.

(untuk membaca posting lebih lengkap silakan mengunduh dokumen asli disini atau disini)

0 comments